RSKJ Soeprapto Bengkulu melakukan promosi mengenalkan layanan RSKJ Soeprapto kesekolah-sekolah SMAN di provinsi Bengkulu seperti layanan Psikologi, IQ , Minat dan bakat untuk remaja sekolah.

adapun tujuan dan manfaat memperlajari psikologi perkembangan bagi pendidik (guru) dan peserta didik (siswa).

Tujuan dan Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan

Untuk mengetahui apa saja tujuan dan manfaat mempelajari psikologi perkembangan bagi pendidik (guru) dan peserta didik (siswa), berikut ini kami berikan penjelasan satu persatu.

Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan

Seperti yang kita ketahui bahya yang mempelajari psikologi perkembangan terdiri dari pendidik (guru) dan peserta didik (siswa). Masing-masing pihak yang mempelajari psikologi perkembangan akan mendapatkan manfaat yang berbeda-beda.

Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik (Guru)

  1. Dapat memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid – murid.
  2. Dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
  3. Memahami bentuk-bentuk gejala psikologis individu (siswa) secara umum dalam bentuk sikap dan tingkah laku selama mengikuti proses pembelajaran.
  4. Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses belajar dan pembelajaran agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif.
  5. Membantu dan memahami karakter siswa dalam mengembangkan berbagai jenis kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses pembelajaran yang berbasis pengembangan siswa.
  6. Membantu siswa menyelesaikan program pembelajaran sehingga dengan pemahaman guru tentang psikologi pendidikan dapat memberikan bantuan pada siswa dalam menyelesaikan program-program pembelajaran sampai tuntas.

 Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik (Siswa)

  1. Memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak di mana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
  2. Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
  3. Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
  4. Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang, seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
  5. Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.

Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan

Selain tujuan mempelajari psikologi perkembangan yang dibagi menjadi 2, manfaat mempelajari psikologi perkembangan juga dibagi menjadi 2 pihak, yaitu pendidik (guru) dan peserta didik (siswa). Berikut ini penjelasan satu persatu

Promosi layanan ini nantinya diharapkan menyasar ke seluruh SMAN yang berada diprovinsi Bengkulu.

Tinggalkan Balasan